SEKILAS INFO
: - Sabtu, 18-05-2024
  • 8 bulan yang lalu / Masa Penginputan Kartu Rencana Studi (KRS) dimulai tanggal 20 Agustus 2023 s/d 24 September 2023

STAI Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya OKI Telah Melaksanakan Orientasi Studi Cinta Almamater (OSCAR) Ke-12

STAI Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya OKI Sambut 300 mahasiswa baru yang resmi diterima menjadi mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ash-Shiddiqiyah.
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ash-Shiddiqiyah menggelar Orientasi studi Cinta almamater (oscar) yang Ke-XII Tahun Akademik 2022-2023 dengan mengusung tema “ meneguhkan peran mahasiswa sebagai penggerak perubahan dalam mengawal nilai-nilai kebangsaan” acara ini adalah agenda penyambutan mahasiswa baru di STAI Ash-Shiddiqiyah yang berlangsung selama tiga hari dimulai sejak hari selasa-rabu, 13-15 september 2022.
Acara tersebut diikuti oleh sebanyak 300 mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di STAI Ash-Shiddiqiyah, yang secara administrasi mereka sudah resmi menjadi bagian keluarga besar STAI Ash-Shiddiqiyah karena sudah teegistrasi dan memiliki Nim. Acara OSCAR dihadiri oleh ketua Yayasan Ponpes Ash-Shiddiqiyah, K.H. Anwar Shodiq, S.If. juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kab. OKI. H. M Djakfar Shodiq, adapun Kapolres OKI, AKBP Diliyanto SIK.S.H., M dan para jajarannya yang sempat hadir pada acara tersebut.


Hari ke-1

(13/09/2022) dilaksanakan kegiatan pembukaan Orientasi Studi Cinta Almamater di STAI Ash-Shiddiqiyah. Apa itu OSCAR? OSCAR adalah rangkaian kegiatan untuk lebih mengenal dan mencintai almamaternya, OSCAR juga diharapkan mengenalkan mahasiswa baru terhadap tanggung jawab untuk menjadi mahasiswa, seperti yang disampaikan oleh AKBP Diliyanto dalam sambutanya, “maksut OSCAR itu, adalah tiap mahasiswa baru harus dibimbing untuk menjadi ksatria, menjadi seorang intelektual, atau sebagai kawah candradimuka, sebagai tempat pembentukan karakter tegas dan disiplin, bukannya kawah sayadiluka! Agar apa? Agar mendapatkan hasil yang maksimal, menjadi intelektual akademisi tetapi yang agama” pungkasnya.
Wakil bupati Kab. OKI. Bpk. H.M Djakfar Shodiq membuka acara OSCAR yang ke-XII secara resmi, disertai dengan penyematan tanda mahasiswa atau memakaikan identintas kampus yaitu almamater hijau STAI Ash-Shiddiqiyah. Ada juga yang menarik disini Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten OKI. Yang diketuai oleh Ustd. M. Ali Mahfud S.Ag memberikan subsidi pendidikan yaitu beasiswa sampai lulus kepada 20 mahasiswa baru STAI Ash-Shiddiqiyah lempuing jaya OKI.
Penyampaian materi pertama mengenai sosialisasi kampus disampaikan langsung oleh ketua STAI Ash-Shiddiqiyah Ustd. Dr. Agus Sholikhin S.Si., M.Pd.I. beliau menjelaskan tentang profil kampus STAI Ash-Shiddiqiyah dari mulai sejarah berdirinya kampus hingga berhasil berdiri tiga fakultas yang terdiri dari enam Program Studi yang ada di STAI Ash-Shiddiqiyah. Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Waket III Bid. Kemahasiswaan & Kerjasama Ustd. Dr. Darul Abror, M.Pd materi yang dsampaikan mengenai Kode Etik Mahasiswa.
Rangkaian acara selanjutnya adalah terkait refleksi perjuangan STAI Ash-Shiddiqiyah yang dipandu oleh seluruh tim dosen yang hadir, yang mana mahasiswa di bagi beberapa kelompok dan di berikan dosen pembimbing akademik (DPA) masing-masing.

Hari kedua,

(14/09/2022) kegiatan OSCAR diawali dengan senam bersama yang dipandu oleh panitia, seluruh mahasiswa baru pada saat itu memenuhi lapangan dan diikuti dengan penuh semangat dan antusias mahasiswa baru. Selanjutnya kegiatan disambung dengan materi keempat terkait sistem administrasi kampus yang disampaikan oleh Ustdz. Naila Rohmaniyah, S.Psi., M.Pd. Materi kelima dilanjutkan dengan penyampaian sistem informasi dan layanan kampus (LPM,LP2M,Perpus dan pengenalan My Arto) oleh Ustd. Suhadi dan Tim. Adapun taaruf prodi juga diperkenalkan kepada mahasiswa dan di sampaikan oleh masing-masing Ka.Prodi.
Malam terakhir Oscar diisi oleh Taaruf Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) dan di lanjutkan dengan lomba pentas seni oleh tiap kelompok mahasiswa baru yang telah dibagi menjadi 15 regu. Masing-masing kelompok menampilkan kebolehannya dalam pertunjukan seni yang sangat menghibur dan berkenang.
Hari ketiga, (15/09/2022) seluruh mahasiswa baru melaksanakan bakti sosial mengelilingi Desa Lubuk Seberuk serta membagikan topi petani ke masyarakat yang dipandu oleh mentor masing-masing kelompok. Dan acara OSCAR berakhir sukses dan lancar.

Penulis: Resa Arifatul Afifah
Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Disunting Oleh: Ninik Mulyani, SE.I,. M.Pd.
Dosen STAI Ash-Shiddiqiyah

Bagikan :

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Kampus

IAIN ASH-SHIDDIQIYAH

NSPTI : 347446868

Jalan Lintas Timur KM.123
KEC. Lempuing Jaya
KAB. Ogan Komering Ilir
PROV. Sumatera Selatan
KODE POS 30652

Kalender Masehi

Mei 2024
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031