SEKILAS INFO
: - Sabtu, 18-05-2024
  • 8 bulan yang lalu / Masa Penginputan Kartu Rencana Studi (KRS) dimulai tanggal 20 Agustus 2023 s/d 24 September 2023

Membanggakan… Dosen STAI Ash-Shiddiqiyah Menjadi Narasumber Di Universitas Sriwijaya

Dengan Tema

Umat Islam di dunia merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW setiap 12 Rabiulawal kalender Hijriyah. Tahun ini, Maulid Nabi Muhammad jatuh pada Hari Sabtu 08 Oktober 2022. Tepatnya hari Kamis, 13 Oktober 2022 salah seorang dosen muda yang sering disapa Gus Doktor yaitu beliau Dr. Darul Abrol, M.Pd. yang merupakan dosen sekaligus Wakil Ketua III Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya OKI menjadi Narasumber/Penceramah di Universitas Sriwijaya Palembang dalam acara Islamic Center Learning “Maulid Nabi Muhamad SAW” dengan tema “Menjaga Kerukunan dan Ukhuwah Islamiyah dengan Suri Teladan Nabi Muhammad SAW”.

Baca juga:  Peran Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa  Di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya OKI

Kegiatan Inti

Bertindak sebagai narasumber atau penceramah dalam acara tersebut, beliau seorang dosen  sekaligus Kiyai muda Dr. Darul Abror, M.Pd. I menyampaikan dalam ceramahnya yaitu ada 3 (Tiga) keteladanan nabi dalam menjaga kerukunan umat, yaitu yang pertama sikap Tasammum yaitu sikap toleran atau menghargai atas segala perbedaan suku, budaya, bahasa bahkan agama. Dalam hal ini, menempatkan “Praksis Nilai Ukhuwah” sebagai kuncinya. Kedua sikap Tawassuth yaitu merupakan sikap moderat atau jalan tengah atas segala permasalahan yang dihadapi guna mendapatkan perdamaian bagi semua umat manusia.

Baca Juga : FORUM DISKUSI MAHASISWA (FORDISMA) STAI ASH-SHIDDIQIYAH BERJALAN SANGAT INTERAKTIF DENGAN MENGANGKAT TOPIK PERMASALAHAN “KEKERASAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN”

 

Ketiga, sikap Tawazzun yaitu sikap yang harus dimiliki oleh seseorang untuk menyeimbangkan adanya spirit imbang antara praksis didalam menggunakan logika dengan wahyu serta ijma’ dan sunnahnya, yang dapat menyeimbangkan antara urusan dunia dan akhiratnya. Dari ketiga sikap diatas, beliau menyimpulkan bahwasanya menjadi penting sebuah praksis sosial yang lebih mengedepankan nilai ukhuwah islamiyah dan persatuan antar umat Islam dan atau antar umat beragama, maka dari ketiga sikap teladan nabi Muhamad SAW diatas harapannya bisa menjadi bagian formulasi yang dapat dikedepankan sebagai penguatan nilai luhur Pancasila dan budaya yang ada di Indonesia. Harapannya, kita sebagai umat Nabi Muhamad SAW dapat mengimplementasikan ketiga sikap teladan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. “Tegasnya”.

Baca juga: SEMANGAT MAKSIMAL PARA PESERTA PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BARU STAI ASH–SHIDDIQIYAH

 

Ditulis Oleh Ninik Mulyani, SE.I., M.Pd.

Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ash-Shiddiqiyah

 

Bagikan :

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Kampus

IAIN ASH-SHIDDIQIYAH

NSPTI : 347446868

Jalan Lintas Timur KM.123
KEC. Lempuing Jaya
KAB. Ogan Komering Ilir
PROV. Sumatera Selatan
KODE POS 30652

Kalender Masehi

Mei 2024
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031