SEKILAS INFO
: - Sabtu, 18-05-2024
  • 8 bulan yang lalu / Masa Penginputan Kartu Rencana Studi (KRS) dimulai tanggal 20 Agustus 2023 s/d 24 September 2023
Membanggakan!! Beberapa Dosen STAI Ash-Shiddiqiyah Berkolaborasi Di  Pendidikan Nahdlatul Ulama,   Lp Ma’arif Nu Selenggarakan Seminar Nasional Serta Kerjasama STAI  Ash-Shiddiqiyah Dengan PT Penerbit  Erlangga

Lembaga Pendidikan Ma’arif  Nahdlatul Ulama ( LP Ma’arif NU) bersama STAI Ash-Shiddiqiyah selenggarakan Seminar Nasional dengan Tema “Peluang dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka” berlokasi di Aula STAI Ash-Shiddiqiyah Rabu, 24 Agustus 2022. Kegiatan ini mendatangkan 2 orang Narasumber yaitu  Dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Prof. Dr. Sudayat, M.Pd dan beliau juga sebagai Instruktur Nasional, selanjutnya yang lebih membanggakan dilanjutkan dengan Narasumber kedua yaitu salah satu Dosen STAI Ash-Shiddiqiyah yang saat ini sebagai Pelatih Nasional Sekolah Penggerak yakni Bapak. Ahmad Yaim, M.Pd.

Acara Seminar Nasional ini, dihadiri dan dibuka langsung oleh Pimpinan Cabang NU  KH. Anwar Shodiq, S.If. selaku Pengasuh Pondok Pesantren Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya OKI.  Beliau KH. Anwar Shodiq, S.If. juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta  Seminar Nasional untuk bersungguh-sungguh mengikuti acara ini, agar nantinya ilmu yang didapatkan dapat diimplementasikan ke Lembaga sekolahnya masing-masing. Dalam momentum ini,   beliau Bapak Dr. Agus Sholikhin, S.Si., M.Pd. selaku Ketua STAI Ash-Shiddiqiyah turut hadir dan sangat mengapresiasi kegiatan Seminar Nasional ini .  Kegiatan ini, juga dihadiri oleh ketua LP Ma’arif NU  Ustadz Dr. Darul Abror, M.Pd.  yang merupakan salah satu Dosen sekaligus Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama STAI Ash-Shiddiqiyah. Acara ini turut dihadiri  Manajer PT. Penerbit Erlangga Beliau Bapak. Adin Rizal, SE. yang sempat hadir dalam kegiatan Seminar Nasional ini, kegiatan ini juga diikuti oleh kurang lebih 121 peserta yang terdiri dari dosen, guru pamong, mahasiswa, dan Alumni STAI Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya OKI.

Ketua Lp Ma’arif NU Ustad. Dr. Darul Abror, M.Pd.  dalam sambutannya, beliau menyampaikan tujuan diadakannya seminar ini adalah  untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman secara tuntas  mengenai Kurikulum Merdeka kepada para guru  maupun peserta yang hadir pada kegiatan Seminar Nasional ini. Setelah sambutan-sambutan yang disampaikan dari beberapa pihak, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MOU oleh STAI Ash-Shiddiqiyah dengan PT. Penerbit Erlangga serta penyerahan cinderamata dari Manajer PT. Penerbit Erlangga kepada Ketua PCNU OKI. Selanjutnya, dilanjutkan dengan penyematan simbolis kepada perwakilan peserta Seminar Nasional.

Narasumber pertama Prof. Dr. Sudayat, M.Pd.  menyampaikan materi tentang konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam KOSP, beliau menegaskan bahwa  secara Akademik Kurikulum Merdeka adalah bagian dari rencana perikatan Mutu Pendidikan. Menurut beliau, Kurikulum Merdeka ini sama saja dengan Kurikulum 2013 yaitu sama-sama membangun manusia seutuhnya. Namun, yang membedakannya adalah konteks dari Kurikulum Merdeka itu sendiri yang tidak mengenal kelas akan tetapi di dalam Kurikulum Merdeka itu mengenal fase dalam proses pembelajaran.  Jelasnya.

Narasumber kedua yaitu Bapak Ahmad Yaim, M.Pd. selaku Pelatih Nasional Sekolah Penggerak, dalam Materinya beliau menyampaikan Strategi pengelolaan Implementasi Kurikulum Merdeka beliau menegaskan hubungan antara konteks pembelajaran paradigma baru di kurikulum merdeka yang pada akhirnya beliau juga mengatakan bahwa kita semua adalah pembelajar sepanjang hayat (long life education) untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat ada dua strategi yang dibutuhkan yakni bernalar kritis dan berfikir tumbuh serta niat yang diawali dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Beliau juga menyampaikan bahwa kurikulum itu tidak pernah berubah namun kurikulum itu disempurnakan karena zamanlah yang sudah berubah. Maka bagi semua elemen yang ada dilembaga pendidkan harus sadar dan tanggap dalam menerima perubahan yang ada. Tegasnya

Kegiatan Seminar Nasional ini, berjalan secara hikmat dan penuh apresiasi dari peserta, harapannya semoga semua yang hadir pada kegiatan ini mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dan barokah.  Kedepannya diharapkan kontribusi para guru dalam pemahaman  pembelajaran pada  Kurikulum Merdeka ini menjadi lebih berkarakter, semakin produktif, kreatif dan unggul.

Ditulis Oleh,

Ninik Mulyani, SE.I., M.Pd.

Dosen STAI Ash-Shiddiqiyah &

Resa Arifatul Afifah

Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah

Bagikan :

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Kampus

IAIN ASH-SHIDDIQIYAH

NSPTI : 347446868

Jalan Lintas Timur KM.123
KEC. Lempuing Jaya
KAB. Ogan Komering Ilir
PROV. Sumatera Selatan
KODE POS 30652

Kalender Masehi

Mei 2024
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031