SEKILAS INFO
: - Sabtu, 18-05-2024
  • 8 bulan yang lalu / Masa Penginputan Kartu Rencana Studi (KRS) dimulai tanggal 20 Agustus 2023 s/d 24 September 2023
HARI PERTAMA PEMBEKALAN KULIAH KERJA NYATA LANGKAH AWAL

PEMBEKALAN KULIAH KERJA NYATA

Lempuing Jaya (STAI Ash-Shiddiqiyah) –  Guna mempersiapkan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2022. STAI Ash-Shiddiqiyah menggelar kegiatan pembekalan KKN di lingkungan kampus. Pembekalan KKN ini dilaksanakan secara maraton mulai dari kamis  sampai dengan sabtu 17-19 Nopember 2022,  sejak sebelum acara dimulai Mahasiswa telah ramai berdatangan guna mendapatkan bimbingan dan pembekalan sebagai bekal mereka dalam misinya pada pengabdian masyarakat.

Misi pengabdian pada masyarakat bukanlah hal yang mudah, bahkan bisa terbilang sulit sebagaimana seekor burung yang baru belajar mengepakakkan sayap, merekapun harus di hadapkan dengan berbagai situasi dan kondisi dilapangan. Yang jelas kondisi dilapangan tidak lah sama seperti apa yang direncanakan tak jarang apa yang terjadi di lapangan praktek, jauh dari apa yang telah di persiapkan, keadaan itulah yang perlu di pelajari oleh para mahasiwa semester akhir guna mendapatkan pengalaman dalam mengenal medan dan situasi yang mungkin saja terjadi secara tiba tiba tanpa persiapan.

Disinilahh kemampuan berfikir kritis dan aktif di perlukan untuk mengatasi masalah masalah yang terjadi secara mendadak dan tanpa di sangka-sangka, maka dari itu Kuliah Kerja Nyata ini diharapkan dapat menjadi pengalaman kecil mahasiswa dalam menghadapi dunia yang jauh berbeda dengan apa yang selama ini mereka perkirakan karna pada dasarnya Kegiatan KKN ini akan mengajarkan para mahasiswa melalui pengalaman dan kenyataan, semua itu demi memberikan pengalaman yang sesungguhnya dalam dunia yang takpernah tentu ini.

Pembekalan Kuliah Kerja Nyata ini seolah olah menjadi pembimbingan terakhir dari para dosen kepada mahasiswanya karna setelah pembekalan yang terakhir para mahasiswa di haruskan mandiri dalam menggambil keputusan, mereka akan terjun ke desa-desa dengan berbagai program kerja dan pengetahuan yang selama ini mereka kumpulkan dalam kampus disana mereka akan menguji kemampuanya dan kualitasnya dalam lapangan yang nyata, menghadapi masyarakat yang beragam serta keadaan lingkungan yang tak pasti itulah tahap ujian mereka sebelum menginjakkan kaki di tahap selanjutnya.

Hari Pertama

di Hari pertama ini pembekalan diisi oleh Ust. Dr. Darul Abror, M.Pd. Dengan semangat memberikan gambaran akan tahapan KKN yang hendak dilakukan oleh para mahasiswa nantinya beliau banyak memberikan himbauan serta arahan terkait apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama berada di tempat KKN hal ini sangat penting karna pada dasarnya para mahasiswa yang melakukan KKN tentunya membawa nama bak kampus yang akan di kenalkan kepada masyarakat.

Hal itulah yang penting ditanamkan kepada para mahasiswa untuk tetap mengedepankan profesionalitas dan sopan santun di segala tempat, maka dari itu perlu di lakukan pengarahan awal dan pelatihan sebelum pemberangkatan para mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata.

 

Ditulis Oleh Brayen Albacino Erlangga

Mahasiswa STAI Ash-Shiddiqiyah Prodi Ekonomi Syariah

Disunting oleh Ninik Mulyani,SE.I,M.Pd.

Bagikan :

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Kampus

IAIN ASH-SHIDDIQIYAH

NSPTI : 347446868

Jalan Lintas Timur KM.123
KEC. Lempuing Jaya
KAB. Ogan Komering Ilir
PROV. Sumatera Selatan
KODE POS 30652

Kalender Masehi

Mei 2024
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031