SEKILAS INFO
: - Sabtu, 18-05-2024
  • 8 bulan yang lalu / Masa Penginputan Kartu Rencana Studi (KRS) dimulai tanggal 20 Agustus 2023 s/d 24 September 2023
FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya OKI

 

Lempuing Jaya. Telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) pada hari Minggu, (07/08/2022) di ruang rapat kampus STAI Ash-Shiddiqiyah dengan tujuan melaksanakan pelatihan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) semester ganjil Tahun Ajaran 2022 yangsesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan ini, dibuka langsung oleh ketua STAI Ash-Shiddiqiyah beliau Dr. Agus Sholikhin, S.Si., M.Pd. dalam sambutannya beliau berharap dengan adanya kegiatan ini seluruh Dosen dilingkungan STAI Ash-Shiddiqiyah dapat menyiapkan perangkat pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan perkuliahan yang sesuai dengan apa yang direncanakan. Karena penyusunan RPS ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran yang nantinya dapat mendukung profil lulusan mahasiswa STAI Ash-Shiddqiyah tegasnya.

Selanjutnya, ketua pelaksana Ifrohan, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan pelatihan ini sangat penting bagi seluruh dosen, yang mana kegiatan ini bertujuan supaya para dosen mampu menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang akan diajarkan pada mahasiswa. Yang tentunya dalam mengajar  mata kuliah yang diampu dapat mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan dengan lebih fokus pada proses serta hasil dalam pembelajaran.

Adapun pemateri dalam pelatihan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ini adalah Dr. Zainudin, M.Pd. dalam paparannya beliau menegaskan bahwanya RPS merupakan dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai acuan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester dalam mencapai capaian pembelajaran sesuai yang direncanakan. Menurut beliau RPS itu sendiri mengacu pada kurikulum, dimana kurikulum itu sendiri dirumuskan sebagai keseluruhan program yang direncanakan, disusun, dilaksanakan, dievaluasi serta dikembangkan oleh suatu program studi, dalam rangka menghasilakan lulusan yang memiliki capaian pembelajaran tertentu yang dapat bersaing ditengah persaingan global.

Sejalan dengan pasal 12 peraturan Menteri Riset, Tehnologi dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 44 Tahun 2015, bahwa perencanaan proses pembelajaran disusun untuk setiap mata kuliah yang disajikan dalam RPS. Penyususnan RPS ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian bidang ilmu pengetahuan dan tehnologi dalam program studi.

Tujuan dari pelatihan ini sebagai bentuk persiapan dosen dalam melaksanakan perkuliahan yang sudah menjadi tanggung jawab untuk menyiapkan perangkat perkuliahan. Adapun FGD yang telah dilaksanakan diharapkan dapat menghasilkan persamaan persepsi antar dosen pengampu sehingga terjadi keseragaman dalam pembuatan RPS dengan masing-masing mata kuliah yang diampu oleh seluruh dosen.

Ditulis oleh Ninik Mulyani, SE.I., M.Pd.

Dosen Ekonomi Syariah

STAI Ash-Shiddiqiyah

Bagikan :

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Kampus

IAIN ASH-SHIDDIQIYAH

NSPTI : 347446868

Jalan Lintas Timur KM.123
KEC. Lempuing Jaya
KAB. Ogan Komering Ilir
PROV. Sumatera Selatan
KODE POS 30652

Kalender Masehi

Mei 2024
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031